17 Online Tools Untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu Saat Bekerja Dari Rumah

Bekerja dari rumah menjadi hal yang sudah umum sekarang ini.

Gak hanya Freelancer aja yang kerja dari rumah, makin banyak juga karyawan penuh waktu yang akhirnya lebih memilih untuk bekerja secara remote dari rumah.

Salah satu yang menjadi alasan biasanya soal waktu. Seperti yang kita tahu, Jakarta macetnya bukan main. Tapi kadang bekerja secara remote juga memiliki beberapa kendala. Misal; rekan kerja ga ada di sebelah kamu, PC atau laptop kamu ga terhubung secara langsung ke jaringan internal kantor dan lain-lain.

Nah, berikut ini ada beberapa tools online praktis yang bisa jadi solusi untuk kalian.

 

File Sharing & Backup

WeTransfer

Serah terima file berukuran besar antar kolega itu perkara gampang kalau kamu kerja bareng di kantor. Tinggal copy ke Flashdisk, atau ke internal network. Tapi ketika kamu kerja remote, hmm.. agak sedikit sulit ya. Beruntunglah generasi jaman Now, karena sudah mulai banyak online tools yang bisa ngebantu nih untuk perkara yang satu ini. Beberapa di antaranya adalah:

Google Drive
Dropbox
WeTransfer

Satu hal yang unik dari WeTransfer adalah, file yang kita upload akan dihapus secara otomatis dari sistem setelah beberapa hari. Sementara Dropbox dan Google Drive, file akan tetap ada sampai kita putuskan untuk menghapusnya secara manual, jadi selain sebagai file sharing, baik Google Drive maupun Dropbox juga berfungsi sebagai layanan backup yang praktis.

 

Time Tracking

toggl

Untuk pekerja kantoran, waktu yang terpakai untuk kerja dan hal lain sudah pasti lebih jelas dibandingkan mereka yang bekerja secara remote atau freelancer. Ketika kerja di luar kantor, gangguan akan lebih banyak dan beragam warnanya. Jadi akan lebih sulit untuk mengetahui seberapa produktif sih kita sebenarnya.

Dan cara terbaik untuk mengetahui tingkat produktifitas kamu yaitu dengan menggunakan Time Tracking Tools ini. Di luaran sana banyak bertebaran tools sejenis ini. Ada RescueTime, TimeYourWeb, Harvest dan Toggl. Kamu bisa pilih dan mencoba salah satunya. Tentunya masing-masing dari tools ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya.

 

Distraction Blocking

StayFocusd

Jenis tools yang satu ini banyak gunanya nih buat kamu yang gampang banget ke-distract. Sesuai dengan namanya, tools ini akan memblokir akses internet kamu ke media sosial, situs web tertentu, aplikasi tertentu selama jangka waktu yang ditentukan ketika kamu bekerja. Berikut beberapa tools yang bisa kalian coba;

Cold Turkey (Windows)
Self Control (MAC)
LeechBlock (ekstensi Firefox)
StayFocusd (ekstensi Chrome)

Semuanya free alias gratis kok.

 

Video Conferencing

zoom

Gak enaknya kerja dari rumah / kerja remote yaitu kita gak bisa berinteraksi dengan orang lain, partner atau rekan kerja secara langsung. Beda halnya dengan pekerja kantoran, tinggal noleh ke samping kanan kiri belakang sudah kelihatan deh muka rekan kerja.

Tapi tenang…, dengan kecepatan koneksi internet yang tinggi, dan dikombinasikan dengan aplikasi konferensi video, kalian para freelancer juga bisa kok berinteraksi dengan rekan kerja ataupun klien. Memang tidak secara langsung, tapi setidaknya kamu bisa berinteraksi secara Face-To-Face melalui layar laptop, PC, atau bahkan melalui smartphone kekinian kamu yang berponi itu. Beberapa opsi di antaranya adalah;

Google Hangouts
Skype
Zoom
Join.me

dan masih banyak lagi alternatif lainnya.

 

Sound and Music

Coffitivity

Gak bisa di pungkiri, ambience atau nuansa di kantor kamu sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja. Sementara untuk kamu yang kerja di rumah atau di luar kantor, walaupun suasananya tenang, terkadang malah jadi sumber masalah nih. Biasanya sih karena terlalu tenang malah jadi ngantuk, jadi fokus ke hal yang lain, dan sebagainya.

Ada beberapa tools asik yang bisa mengisi kekosongan ini. Coffitivity, sebuah aplikasi web gratis yang bisa menciptakan ambient dari sebuah kafe untuk mendorong kreativitas kamu. Sangat berguna untuk kamu yang lagi gak punya uang untuk kerja sambil ngopi di kafe.

Ada juga Brain FM, aplikasi Android & iOS yang punya banyak pilihan musik untuk menstimulasi otak. Kamu cuma perlu pilih jenis musik sesuai mood yang kamu mau, lalu pilih musiknya. Musik-musik ini akan membantu kamu untuk berkonsentrasi lebih baik ketika bekerja.

 

Hero image courtesy of  pexels