No Budget, Tapi Mau Bikin Brand Keren?

Di era digital sekarang ini, membangun bisnis sendiri menjadi semakin mudah dan cepat, walaupun kompetesi pun semakin banyak. Dengan adanya platform digital, kita tidak perlu berurusan dengan Bank ataupun Investor untuk membangun sebuah usaha/ bisnis. Setidaknya dalam proses awal, kita tidak perlu jenis bantuan seperti itu.

Strategi seperti inilah yang dikenal dengan istilah “Bootstrap” atau “Bootstraping“. Banyak pengusaha dari seluruh dunia menggunakan metode ini untuk membangun sebuah perusahaan ataupun sebuah brand yang menguntungkan tanpa bermodalkan pinjaman dengan bunga yang tinggi dan tanpa adanya tekanan dari para pemegang saham.

Lalu seperti apa sih caranya?

 

1. Mulai dengan sebuah tujuan – Goal

image courtesy of pexels

 

Sebelum memulai, ada baiknya menentukan fokus anda terlebih dulu. Di jaman sekarang ini, dibalik segala kemudahan yang ada, persaingan pun semakin banyak dan kompetitif. Maka dari itu, anda harus memiliki nilai pembeda. Apa yang membuat anda berbeda dengan yang lain. Apa yang membuat anda unik. Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah anda/ bisnis anda mempunyai nilai yang unik adalah dengan mencoba menjelaskan tentang anda/ brand anda kepada orang lain dalam waktu 20-30 detik. Cara ini biasa disebut dengan Elevator Pitch. Jika anda gagal, berarti visi dan misi anda belum cukup fokus.

2. Penamaan – Naming

image courtesy of pexels

 

Langkah selanjutnya adalah menentukan nama. Menentukan nama tidak semudah yang anda kira. Sebuah nama brand, selain harus bisa menjelaskan, memberi petunjuk, menginspirasi, ada sejumlah pertimbangan hukum yang berlaku juga.

Jika brand ini adalah sebuah perusahaan terdaftar, pastikan bahwa nama itu tidak sedang digunakan oleh perusahaan lain. Lakukan riset terlebih dahulu dari berbagai media.

Selain itu, pastikan juga nama brand anda cocok dengan nama domain untuk situs website yang masih tersedia. Cek terlebih dahulu apakah nama domain yang anda inginkan masih tersedia di layanan pendaftaran domain & hosting.

3. Logo – Visual Identity

image courtesy of pexels

 

Jika brand anda sudah memiliki nama, langkah selanjutnya adalah membuat logo. Ini sangat penting, karena logo merupakan salah satu faktor yang akan membangun indentitas visual brand anda. Logo merupakan sebuah cara untuk menyampaikan bahwa brand anda bukan hanya sebuah Ide atau gagasan, tetapi juga mahluk hidup yang memiliki nyawa. Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat logo, anda bisa menggunakan jasa Design Agency ataupun freelancer.

4. Website

image courtesy of pexels

 

Selain platform Sosial Media, website menjadi faktor yang penting agar brand yang anda bangun dianggap serius. Memiliki sebuah website yang professional masih wajib untuk dimiliki di era sekarang ini.

Kenapa website masih penting untuk dimiliki?, karena tidak semua target audiens anda berada dan aktif di sosial media seperti Twitter, Instagram dan Facebook. Selain itu, kebanyakan orang tidak akan punya waktu untuk menelusuri ratusan posting di sosial media hanya untuk menemukan info spesifik yang mereka cari. Sekarang ini, banyak penyedia layanan website design dengan biaya yang murah. Namun jika anda menginginkan website yang lebih professional, anda bisa berkonsultasi dengan Digital Agency atau website builder lainnya.

5. Mulai bangun brand anda – Launch

image courtesy of pexels

 

Membangun brand juga berarti menciptakan identitas visual brand anda yang nantinya akan diterapkan secara konsisten ke semua lini pemasaran anda secara menyeluruh. Termasuk di dalamnya adalah Logo, Tipografi, warna, etc.

Brand yang sukses dibangun secara totalitas oleh orang-orang di dalamnya. Dan juga dari cara orang lain berinteraksi dengan brand tersebut. Kualitas dan layanan yang ditawarkan juga menjadi faktor penentu.

Konsistensi menjadi sebuah indikator branding yang berhasil, tentang bagaimana cara membuat orang lain merasa bahagia, nyaman, percaya dengan brand yang anda bangun.

Yang terpenting adalah, menemukan sebuah cara untuk membuat orang lain merespon dan terlibat secara emosional dengan brand yang anda bangun. Jika anda bisa melakukan ini, proses selanjutnya akan mengalir dengan sendirinya. Tak satupun dari ini memerlukan biaya yang besar; ini lebih tentang strategi yang jelas dan lalu menerapkannya di semua aktifitas brand anda.

So.., sudah merasa yakin dengan Brand yang akan anda bangun?

 

Selamat berjuang… 😊